FK UNIMAL Tanggap Darurat Bencana Banjir Lhoksukon – Aceh Utara

Kamis, 6 Januari 2022, Sehubungan dengan bencana banjir yang menimpa sejumlah daerah di Aceh, universitas malikussaleh dibawah koordinasi wakil Rektor 3 bapak Dr. Baidawi, SP. M.P dan Civitas akademik Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh yang juga melibatkan alumni bekerjasama berkerjasama dengan Posko bencana UNIMAL dan BPBD Aceh Utara, melakukan pengobatan spesialistik, pengobatan umum,penyuluhan bencana Banjir pada masyarakat di Gampong Keutapang, Lhoksukon, Aceh Utara serta penyerahan bantuan sembako ke posko kebencanaan

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri oleh 236 masyarakat sekitar, sejumlah tenaga medis dengan berbagai spesialisasi dilibatkan, diantaranya spesialis Kulit, Spesialis Bedah, Spesialis Anak, dan Spesialis Paru.

Dekan fakultas kedokteran, dr. Muhammad Sayuti, Sp. B (K) BD mengatakan “Selama ini Fakultas Kedokteran Unimal aktif terlibat dalam penanggulangan bencana di Aceh. Terlebih, tuturnya, FK Unimal memiliki visi sebagai fakultas kedokteran yang unggul dalam kedokteran kebencanaan”.

acara tersebut yang dimulai dari pagi hingga siang, masyarakat sangat antusias datang baik untuk mendapatkan pengobatan maupun mengikuti penyuluhan Bencana Banjir.

Sebagaimana keterangan Abu Bakar, masyarakat Gampong Keutapang, Lhoksukon, mengatakan ia datang untuk mendapatkan pengobatan karena mengalami beberapa keluhan pada kulit sejak banjir melanda.

Pemerintah gampong Keutapang juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Menurut geuchik gampong Keutapang, dalam kondisi bencana banjir masalah kesehatan adalah salah satu masalah yang urgen.

Dosen bidang kebencanaan FK unimal sangat memharapkan disetiap desa yang ada diaceh utara harus ada rambu2 evakuasi bencana banjir dan kontak yang mudah diakses ketika bencana terjadi khususnya untuk desa keutapang.

Selain itu pada akhir acara, relawan dari Fakultas Kedokteran Unimal juga Melakukan penyerahan bantuan kepada korban bencana banjir serta relawan yang bertugas di Gampong Keutapang.

Ketua panitia, dr. Anna Millizia, Sp. An mengatakan bahwa suksesnya semua kegiatan yang dilakukan FK unimal di lokasi adalah berkat uluran tangan dan kerjasama semua civitas akademika di Fakultas Kedokteran Unimal.