IBNU SINA

Ibnu Sina Emergency Team (ISET) Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis dan kemanusiaan.Setiap bulan juga rutin melaksanakan berbagai acara yang berkenaan dengan kegawatdaruratan medis serta kergiatan kemanusian di berbagai daerah sekitaran yang berdampak bencana.

Pelatihan kegawatdaruratan

Ibnu Sina Emergency Team (ISET FK UNIMAL) melaksanakan acara RJP dan Balut bidai. ISET Fakultas Kedokteran Malikussaleh melaksanakan kegiatan pelatihan dasar terkait RPJ (Resusitasi Jantung Paru) & Balut Bidai yang dilakukan secara Luring di Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh,  Rabu (15 desember 2021).

Kegiatan ini sendiri merupakan acara yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. 2 narasumber yang mengikuti acara tersebut, yakni Muhammad Al Farisi s.ked selaku Alumni pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh dan Amir Ahnaf Falih Harahap selaku Ketua Bem FK Universitas Malikussaleh.

Muhammad Al Farisi s.ked memberikan materi terkait RJP sedangkan amir ahnaf falih harahap memaparkan materi balut bidai. Kedua materi ini sangat penting untuk dipalajari mengingat banyaknya kejadian yang terjadi disekitar kita dan kita dapat menjadi penolong bagi masyarakat sekitar. Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan baik dan lancar serta antusias dari peserta yang sangat luar biasa, diharapkan dari apa yang telah dipaparkan oleh kedua pemateri dapat di terapkan dan bermanfaat.

Pelatihan kebencanaan

TBM ISET FK UNIMAL Selain kegiatan pelatihan kegawatdaruratan TBM Iset FK Unimal juga melakukan pelatihan kebencanaan yang bertujuan agar dapat mengatasi masalah kegawatdaruratan termasuk WATER RESCUE (Penyelamatan di dalam Air) dan FIRE RESCUE.

Kegiatan ini sangat diminati oleh mahasiswa FK Unimal karna pada kegiatan pelatihan kebencanaan ini sendiri dari ISET FK Unimal turut mengundang BPBD Aceh utara untuk pemberian materi yang dilakukan secara langsung terjun ke Air.  Pada tahun 2019 sendiri untuk kegiatan Water Resque dilakukan di Pantai Lancok, Sabtu ( 23 februari 2019 ). Untuk fire Resque dilaksanakan di kampus FK Unimal dengan pemateri BPBD Aceh utara.

Diharapkan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut mahasiswa Fk Unimal dapat Bermanfaat serta  siap siaga ketika menghadapi suatu bencana.

Tenda Sehat

Selain itu, program unggulan TBM ISET FK Unimal yaitu Tenda Sehat. Dalam kegiatan ini, anggota dari Divisi Pengabdian Masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat Kota Lhokseumawe berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan juga kolesterol. Tujuan dilakukannya pemeriksaan ini ialah untuk mengetahui kemungkinan penyakit atau komplikasi yang bisa ditimbulkan.kegiatan Tenda Sehat dilaksanakan di lapangan Iraq,Lhoksemawe (sabtu,10 April 2021)

Selain pemeriksaan kesehatan, dalam kegiatan ini TBM ISET FK Unimal juga turut menggandeng PMI Kota Lhokseumawe untuk diadakannya kegiatan donor darah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah bagi yang membutuhkan serta untuk skrinning penyakit tertentu terhadap pendonornya.

Sirkumsisi

Kegiatan sirkumsisi juga menjadi program unggulan dari TBM ISET FK Unimal. Dalam kegiatan ini, anggota TBM ISET akan diberikan pelatihan berupa teknik dasar pembedahan. Materi terkait bedah minor juga teknik sirkumsisi langsung dibawakan oleh dokter spesialis bedah dan juga spesialis urologi. Setelah peserta mendapatkan materi terkait bedah minor dan teknis sirkumsisi, peserta dibagikan menjadi beberapa kelompok yang akan dibimbing langsung oleh dokter disetiap kelompok.

Setelah mendapatkan materi tentang sirkumsisi, maka dari pihak TBM ISET FK Unimal juga mengadakan Bakti Sosial sunat masal secara gratis. Kegiatan Baksos ini bertujuan untuk mengimplementasikan langsung ilmu yang sudah didapatkan pada pelatihan sebelumnya serta memberikan pelayanan khitanan bagi anak yang tidak mampu secara gratis. Kegiatan Sirkumsisi di laksanakan di Lhoksukon,Aceh Utara (Sabtu,13 Maret 2021).

Pemberian donasi bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam

Salah satu bentuk kegiatan lain yang juga menjadi tolak ukur dalam organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan yaitu acara pemberian donasi bagi masyarakat yang terkena dampak bencana.Pemberian donasi diberikan pada bencana banjir daerah lhoksukon,Aceh Utara (Sabtu,8 januari 2022).

Selain pemberian donasi diberikan bagi masyarakat yang terkena dampak berncana,perwakilan dari organisasi ISET FK UNIMAL juga menjalin hubungan silaturrahmi bersama masyarat sekitar yang terkana dampak bencana banjir serta memberikan beberapa edukasi mengenai cara menjaga kesehatan akibat banjir

Sosial Media :