Dosen FK UNIMAL Mengikuti Pelatihan Pekerti dan AA

Setiap Dosen memiliki kewajiban untuk terus berkembang, maka mengikuti pelatihan pekerti AA menjadi salah satu bagian di dalamnya. Manfaat Pelatihan Pekerti AA adalah untuk membantu dosen mengajar dengan Baik, meningkatkan kreativitas dosen dalam mengajar, membantu dosen menyiapkan perkuliahan dengan baik, membantu dosen menyusun penilaian mahasiswa, meningkatkan kualitas lulusan, meningkatkan kualitas institusi dan membantu meningkatkan mutu pendidikan dan nilai akreditasi.

Pelatihan Pekerti (Pelatihan Teknik Instruksional) maupun pelatihan AA (Applied Approach) ini adalah dua program pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional dosen. Dosen FK Unimal mengikuti pelatihan di Universitas Negeri Medan(UNIMED) pada tanggal 22-28 Februari 2022 secara Daring sebanyak 37 orang Dosen.

Pelatihan ini sebagaimana pelatihan pada umumnya, yakni memberikan pelatihan baik secara materi (teori) maupun secara praktek untuk meningkatkan kompetensi. Adapun pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan menjelaskan mengenai sejumlah materi yang penting untuk dikuasai seorang dosen. Materi-materi tersebut antara lain:

  1. Kebijakan mengenai pengembangan pendidikan tinggi.
  2. Pengembangan kurikulum pendidikan tinggi.
  3. Rekonstruksi mata kuliah.
  4. Metode pembelajaran.
  5. Pengintegrasian pencapaian pembelajaran sikap dan tata nilai dan juga keterampilan umum.
  6. Penyusunan unsur-unsur pencapaian pembelajaran mata kuliah.
  7. Penyusunan rubrik penilaian.
  8. Penyusunan bahan ajar dan Aplikasi penelitian tindakan kelas.
  9. Media pembelajaran.
  10. Implementasi sistem penjaminan mutu internal untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi.
  11. Pengembangan karir dosen (Lecturer Career Development).
  12. Asesmen proses dan hasil pembelajaran.
  13. Konstruktivisme dalam pembelajaran.
  14. Materi pelatihan biasanya disesuaikan dengan standar sekaligus mempertimbangkan kebutuhan dari masing-masing perguruan tinggi.

Setiap dosen diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini dan Apalagi sudah ada beban kerja dosen(BKD) yang wajib dilaporkan secara rutin kemudian merupakan syarat mengikuti sertifikasi dosen.Maka dosen dalam menekuni profesinya juga memiliki target untuk dicapai, dan pencapaiannya dihitung per semester.

Dalam arahannya Bapak dekan FK Unimal ( dr. Muhammad Sayuti, Sp. B (K) BD)menyatakan bahwa Pelaksanaan pelatihan Pekerti AA tentu menjadi hal penting untuk membantu para dosen terus berkembang. Secara umum pelatihan mengenai teknik dan media mengajar akan disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Adanya pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dosen. Tentu perlu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap dosen untuk bisa berkembang. Sebab ketika keterampilan dan keahliannya sebagai dosen berkembang, maka ada lebih banyak manfaat yang bisa diberikan pada pendidikan di FK Unimal