FK UNIMAL, RSUD CM dan RSUD Langsa tanda tangani MOU

Pada Hari Jumat, 18 Februari 2022, Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK Unimal) menandatangani MOU dengan RSUD Langsa. MOU tripartit tersebut dihadiri langsung oleh direktur RSUD Langsa, dr. Helmiza Fahri, Sp.OT dan dr. Baihaqi sebagai direktur RSUD Cut Meutia Aceh Utara yang juga sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama FK Unimal. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh ketua komite koordinasi pendidikan (KOMKORDIK) RSUCM/FK Unimal dr. Syarifah Rohaya, SpM.

Dekan Fakultas Kedokteran Unimal, dr. Muhammad Sayuti, Sp.B (K)BD dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan MOU ini adalah sebagai bagian untuk memperbanyak wadah pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Dalam bidang pendidikan misalnya, kami berharap RSUD Langsa bisa menjadi bagian dari RS Jejaring atau Satelit FK Unimal untuk dapat melaksanakan proses pendidikan di RSUD Langsa dalam rangka meningkatkan pencapaian kompetensi dokter.

Selain itu juga diharapkan ketiga pihak dapat saling membantu dan bekerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian terutama dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. dr. Helmiza Fahri dalam sambutannya juga menyampaikan rasa gembira bisa melaksanakan kerjasama dengan FK Unimal dan berharap kerjasama ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga pengembangan pendidikan kedokteran.

Begitu juga direktur RSUD Cut Meutia sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama FK Unimal menyampaikan dukungan penuh terhadap kerjsama ini sehingga pencapaian kompetensi dokter bisa lebih baik lagi.

Direktur RSUD Langsa juga menambahkan bahwa sebagai RS jejaring membuka kesempatan bagi dokter muda FK Unimal untuk menggali ilmu di semua bagian yang ada di RSUD Langsa, antara lain Bedah, Mata, Obsgin, Anak, Penyakit Dalam dan bagian lainnya. Dekan FK Unimal pun menyambut baik niat tersebut dan mengatakan bahwa kesempatan yang diberikan akan dipergunakan untuk mengirim mahasiswa profesi dokter yang masih membutuhkan banyak kasus di bagian tertentu.

Sebagai penutup, Direktur RSUD Langsa berjanji akan menyambut dan menerima dengan baik mahasiswa yang dikirimkan dari FK UNIMAL dan tentunya berharap jalinan kerjasama ini bisa terus berlanjut untuk mencetak dokter yang profesional di masa depan.