Kegiatan Pelatihan Manajemen Data Bagi Dosen Di Lingkungan Fk Unimal

Bekerja di sektor pendidikan seorang dosen juga dituntut memiliki hard skills yang mapan karena mereka juga menghadapi dunia kerja yang kompetitif yang memerlukan adaptasi tinggi untuk hidup di dunia global dimana telah menciptakan tantangan baru bagi setiap individu, terlebih lagi dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Dosen, sebagai salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan perguruan tinggi, membutuhkan sejumlah keterampilan yang termasuk dalam hard skills yang berguna bagi mereka dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sejumlah aktivitas tersebut tentunya akan membutuhkan pengelolaan (manajemen) karena akan melibatkan data dan informasi. Oleh karenanya dosen dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola data (data management) yang umumnya diperoleh melalui training.

Dalam rangka hal tersebut diatas tim pengabdian pada Hari Selasa dan Rabu tanggal 17-18 November 2020 memberikan kegiatan pelatihan manajemen data bagi dosen di lingkungan FK Unimal, pelatihan ini mengakomodir kebutuhan pelatihan bagi dosen dalam menggunakan beberapa software dan aplikasi yang menunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan ini diketuai oleh Harvina Sawitri, SKM, MKM dan Anggota dr. Yuziani, M.Si serta mahasiswa FK Unimal. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh dosen FK Unimal. Dengan adanya kegiatan ini meningkatkan keterampilan dosen dalam mengelola data (data management) mengetahui penggunaan sejumlah software dan aplikasi yang dapat menunjang aktivitas tri dharma perguruan tinggi serta membangun kemandirian dosen dalam aktivitas mengelola data seperti memasukkan (input) data, mengolah data, menganalisis data, dan presentasi data.