Kegiatan Psikoedukasi Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir terhadap Siswa SMP Negeri 2 Dewantara

Beberapa mahasiswa Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh yang terdiri dari Dina Sobil Almadani, Siti Farah Azzahra, Nabilah Nur Uzwah, Amiroh Untsal Asad, Julia Savira, Utami Putria Ningsih, Duwi Febriani, Anissa Fadillah, Rhein Sasi Kirana, Dea Khairina dan Baiyani Rahmah melaksanakan kegiatan psikoedukasi pada  Jumat, 25 November 2022. Sesuai dengan judulnya, yaitu “Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir terhadap Siswa SMP Negeri 2 Dewantara“, kegiatan psikoedukasi ini ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai mitigasi bencana banjir dan dalam hal ini bermitra dengan SMP Negeri 2 Dewantara. Adapun ilmu pengetahuan yang diterapkan adalah salah satu materi Psikologi Kebencanaan yaitu Mitigasi Bencana yang tidak hanya fokus pada pencegahan dan cara menghadapi bencana, namun juga tentang bagaimana mengurangi dampak psikologis yang terjadi. Perihal teknologi yang digunakan, yaitu internet dan alat-alat pembantu lainnya, seperti handphone, laptop, proyektor, microphone, dan speaker.

Lebih lanjut, latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai tanggapan dan solusi akan permasalahan mitra, yakni seringnya terjadi banjir ketika hujan deras. Apalagi, siswa masih terbilang minim mendapatkan pengetahuan seputar mitigasi bencana. Kegiatan ini disusun dengan susunan berupa pembukaan; ice breaking; pemaparan materi; games; kuis; refleksi kegiatan; penutupan; dan kegiatan dokumentasi. Membahas tentang metode kegiatan, metode yang digunakan dalam kegiatan psikoedukasi ini adalah: 1). melakukan riset terhadap instansi yang rawan bencana; 2). mengumpulkan data dan informasi mengenai mitigasi banjir; 3) menyusun rencana kegiatan; dan 3). melaksanakan kegiatan. 

Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan output berupa: 1) siswa memahami penyebab banjir; 2) siswa memahami cara menghadapi banjir; 3) siswa memahami cara mencegah banjir; dan 4) siswa memahami dampak banjir, serta cara mengurangi dampak tersebut. Selain itu, dampak yang diharapkan adalah siswa mampu menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan di masa depan, bahkan membagikannya kepada lingkungan sekitar mereka.

Bagikan ini :