Dosen Prodi Psikologi Melaksanakan Pengabdian Mandiri Dengan Tajuk “Psikoedukasi Manajemen Waktu yang Efektif pada Siswa SMKN 5 Lhokseumawe”

Tim dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan salah satu tri dharma setiap dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat di SMKN 5 Lhokseumawe. Tim yang terdiri dari Yara Andita Anastasya, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Ika Amalia, S.Psi., M.Psi dan Ella Suzanna, S.Psi., M.HSc, melaksanakan pengabdian mandiri dengan tajuk “Psikoedukasi Manajemen Waktu yang Efektif pada Siswa SMKN 5 Lhokseumawe“. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021.

Kegiatan pengabdian kali ini ditujukan khusus kepada siswa agar mampu mengelola waktu dengan efektif dan efisien. Hal ini berdasar pada data di lapangan yang ditemukan oleh guru bahwa mayoritas siswa tidak dapat mengatur waktu dengan baik, tidak jarang ini menyebabkan banyak siswa mengerjakan PR di sekolah bukan di rumah. Selain itu, siswa juga mengeluhkan kepada guru bahwa semenjak pandemi proses belajar mengajar menjadi lebih padat sehingga siswa merasa kewalahan dalam mengatur waktu dengan baik dan maksimal.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan berbagai metode penyampaian yaitu ceramah berupa penyampaian materi, diskusi berupa tanya jawab hingga lembar kerja agar siswa dapat langsung praktek bagaimana cara mengatur waktu. Siswa diajak untuk menuliskan daftar kegiatan, menentukan prioritas kegiatan, memperkirakan durasi waktu dan melaksanakan rencana kegiatan tersebut dengan komitmen agar hasil yang diperoleh dapat maksimal serta sesuai dengan keinginan.

Salah seorang siswa, Cut Iza, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga dapat menghemat waktu untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, siswa lain, Hajizah menuturkan bahwa penyampaian materi yang disampaikan oleh pemateri amat baik dan jelas sehingga memudahkannya untuk memahami tentang cara mengelola waktu dan dapat langsung dipratekkan di kehidupan sehari-hari.