BEM FK Melakukan Aksi Penyuluhan dan Bakti Sosial di Beberapa Sekolah di Aceh Utara

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh dalam pengimplementasianTri Dharma Perguruan Tinggi, melakukan Aksi Penyuluhan dan Bakti Sosial di beberapa sekolah pada hari senin 27/9 dan di sekitar taman riyadhah 28/9, dalam pelaksanaanya ini melibatkan sekelompok mahasiswa, 24 dokter dan para dosen. Dalam program kerja Department PENGMAS (Pengabdian Masyarakat) ini mendatangi 5 sekolah diantaranya SMA Negeri 1 Nisam, SMA Negeri 1 Gandapura , SMA Negeri 1 Dewantara , SMA Negeri 1 Banda Baro dan MAN 3 Aceh Utara.

Program Bakti Sosial ini dilakukan sebagai bukti nyata wujud kepedulian BEM Fakultas Kedokteran UNIMAL untuk masyarakat khususnya di daerah Aceh Utara, Bireun, Lhoksumawe dan sekitarnya. Bakti Sosial ini bertemakan “Adaptasi Remaja dalam Upaya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis di Masa Pandemi COVID-19”, dengan tema tersebut diharapkan agar siswa/i dan guru di SMA yang terlibat dapat lebih paham dan peduli tentang pandemic COVID-19 ini termasuk mengkampanyekan vaksin guna menciptakan herd immunity dan memutus rantai penyebaran virus corona. BEM Fakultas Kedokteran UNIMAL Selain melakukan sharing dan pemberian materi juga membagikan sejumlah masker, brosur edukasi dan hansanitiser untuk sekolah yang bersangkutan dan harapannya dapat bermanfaat untuk sekolah tersebut.

Pada esoknya hari selasa juga dilakukan bakti sosial disekitar taman riyadah dengan masayarakat. Para mahasiswa bergerak di sekitar jalan taman riyadhah membagikan masker, hansanitizer serta brosur mengenai COVID-19 serta variannya. Kegiatan ini dilakukan selain dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, juga berguna bagi mahasiswa untuk melatih jiwa sosial dan menumbukan rasa peduli bermasyakat untuk terjun langsung.

Kedatangan tim dari Fakultas Kedokteran Unimal disambut dengan baik oleh para siswa dan siswi, Acara diikuti oleh 30 siswa yang dipandu oleh sebuah tim yang terdiri dari 4 orang mahasiwa fakultas kedokteran unimal dan 5 dokter pendamping. Pihak sekolah juga meyampaikan ucapan terimakasih karena sudah berkunjung dan dapat berbagi ilmu mengenai upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini. Penetapan tema mengenai peran remaja dalam menghadapi COVID-19 tersebut merupakan topik yang cocok untuk diperbincangkan dengan siswa-siswi setempat. Terbukti dengan beberapa pertanyaan mereka mengenai gossip-gossip yang beredar serta pengakuan dari beberapa mereka yang bahkan belum pernah vaksin sekalipun. Diharapkan kedatangan mahasiswa BEM Fakultas Kedokteran Unimal ini akan membuka jalan pikir mereka mengenai COVID-19 dan membantu mereka dalam memecahkan masalah yang ada. Kegiatan ditutup dengan membagikan masker dan juga sourvenir kepada siswa-siswi yang telah turut berpartisipasi aktif dalam sosialisasi hari ini.
Di akhir kata siswa berharap acara seperti terus dilaksanakan setiap tahunnya.