Fakultas Kedokteran UNIMAL Melaksanakan Seminar untuk Sosialisasi Vaksin pada Siswa SMA/SMK Kota Lhokseumawe

Angka vaksinasi usia dibawah 18 tahun masih sangat rendah di Aceh, dari data Dinas Kesehatan menyebutkan banyak faktor yang menyebabkan pencapaian vaksinasi terhadap anak dan remaja rendah. Padahal vaksin COVID-19 untuk usia 12-17 tahun telah berjalan sejak awal Juli 2021. Sekarang ini masih banyak remaja yang harus kita dorong untuk segera vaksin. Penyebab tidak mau divaksin lantaran khawatir dengan efek sampingnya.

Kejadian yang terjadi pada Seorang siswa SMK Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, dilarikan ke rumah sakit usai menjalani vaksinasi Covid-19. Siswa disebut mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dengan gejala mual, muntah, dan pusing. Vaksinasi memang tidak menutup kemungkinan terjadinya KIPI terhadap seseorang, dan menurutnya hal itu merupakan hal yang biasa. Secara umum efek samping itu tetap ada seperti nyeri di titik bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, dan sedikit nyeri otot.

Berdasarkan hal tersebut fakultas kedokteran ingin menjelaskan bagaiman pencegahan covid-19 terutama dengan vaksinasi. Oleh karena itu, FK Unimal melaksanakan seminar bertema “Upaya Pencegahan Corona Virus disease-19 (covid-19) pada Remaja” yang dihadiri oleh tiga orang pemateri. Pemateri diharapkan bisa berbagi ilmu, pengalaman dalam bidang pencegahan covid-19. Pemateri terdiri dari Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M.TropPaed dari Komnas KIPI Kemenkes RI, dr. Ferdian Subhan dari Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dan dr. Amroelloh dari IDI Kota Lhokseumawe.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta mengetahui tantangan pencegahan covid-1, mengetahui peran vaksin dalam mencegah covid-19, mengetahui kebijakan-kebijakan pemerintah dan lembaga terkait lainnya tentang pencegahan covid-19 dan mengetahui prediksi mengenai sistem kekebalan tubuh setelah di vaksin.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode webinar (daring dan luring). Zoom meeting bagi dokter dan civitas akademika FK Unimal. Pertemuan Offline bagi pimpinan fakultas dan universitas serta peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan siswa SMA serta SMK Se-Kota Lhokseumawe.

Menurut Dekan FK Unimal, kegiatan ini merupakan bukti peran kampus Universitas Malikussaleh dalam mewujudkan program nasional vaksinasi COVID-19 yang dari data Aceh masih kategori rendah. Kegiatan lain juga dilakukan langsung ke SMA yang ada di Aceh Utara dalam bentuk kunjungan pengabdian masyarakat guna mensosialisasi vaksinasi bagi siswa SMA. Masyarakat diharapkan benar-benar mampu memahami sehingga cakupan vaksin meningkat sampai herd immunity dapat tercapai