Kegiatan Workshop Penyusunan Logbook Prodi Profesi Dokter

prodi profesi dokter Fakultas Kedokteran Unimal melaksanankan kegiatan workshop penyusunan logbook profesi dokter. Acara ini bertujuan untuk membuat logbook di setiap bagian yang ada pada pendidikan profesi dokter yaitu bedah, obstetri dan ginekologi, ilmu kesehatan anak, ilmu penyakit dalam, dermatologi dan venereologi, anestesiologi, ilmu penyakit sarat, ilmu kesehatan mata, ilmu THT, radiologi, FOME, ilmu Kesehatan masyarakat, ilmu kesehatan jiwa, ilmu penyakit paru, dan kardiologi.

Narasumber untuk kegiatan ini yaitu dr. Widyana, MHPE, PhD, Sp.M(K) dan dr. Siti Rokmah Projosasmito, Med (L,P & C) yang merupakan staf pengajar di Fakultas Kedokteran UGM. Peserta workshop penyusunan logbook adalah seluruh perseptor klinis RSUD Cut Meutia dan dosen Fakultas Kedokteran unimal yang berjumlah 57 orang. Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 Wib dengan pemberian kata sambutan oleh ketua jurusan FK Unimal dr. Adi Riska, Sp.B(K)Onk. Selanjutnya dimulai pemberian beberapa materi dari narasumber yang mencakup update pembelajaran Unimal, update assessment Pendidikan klinik, tugas practical session, tugas diskusi, konsep dasar logbook dan komponen logbook.

Kegiatan workshop ini berlangsung secara interaktif dan komunikatif, dimana narasumber menyiapkan metode ajar yang melibatkan partisipasi aktif dari peserta. Hal ini mencakup pemberian pretest dan post test kepada para peserta untuk menilai secara nyata tentang apa komponen yang sudah ada di logbook dan apa yang belum ada dan harus dilengkapi. Pada sesi kedua semua peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan kemudian membahas tentang beberapa hal antara lain komponen-komponen yang harus ada di logbook, susunan dan format logbook, Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam penyusunan logbook dan tantangan yang dihadapi dalam penyusunan logbook.

Sesi selanjutnya yaitu sesi pemaparan hasil kerja kelompok dan dilanjutkan dengan sesi pertanyaan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian kesimpulan dari para narasumber terhadap langkah-langkah yang harus ditempuh dalam penyusunan logbook. Penyusunan logbook selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembentukan panitia kecil yang selanjutnya akan dievaluasi logbook lama dan penyusunan revisi, selanjutnya diikuti dengan permintaan evaluasi dari pihak UGM dan terakhir finalisasi logbook.

Bagikan ini :