Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh Kegiatan Pegabdian Masyarakat dengan Tema ” Peningkatan Kualitas Keluarga Dalam Pengasuhan Anak” Desa Blang Crum, Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe

Dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Di Desa Blang Crum, Muara Dua, Kota Lhokseumawe tanggal 19 november 2021. Kegiatan Pengabdian masyarakat kali ini bertema “Peningkatan Kualitas Keluarga Dalam Pengasuhan Anak” Yang Diketuai Oleh Ibu Rahmia Dewi, S. Psi., M. Psi dan Tim Dosen,Bapak Safuwan, S,Ag.,M.Psi. dan Ibu Cut Ita Zahara, S.Psi.,M.Psi serta didampingi oleh mahasiswa psikologi Putri Rahmadani dan Lisa Astini. Kegiatan ini bekerja sama dengan LBK Keumala Hayati yang ada didesa blang crum kecamatan muara dua, kota lhokseumawe.

Meningkatkan masalah- masalah terkait dengan anak, baik masalah, keluarga, akademik, social, kepribadian yang marak terjadi saat ini tidak terlepas dari pengasuhan orang tua terhadap anak yang masih perlu ditingkatkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai tahap perkembangannya.

Tujuan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan untuk memberikan Pemahaman psikoedukasi kepada masyarakat khususnya orang tua tentang penerapan pengasuhan yang ideal sesuai kebutuhan anak. Materi yang disampaikan berkaitan dengan Pola pengasuhan anak otoriter, permisif, dan demokratis serta bagaimana cara pengasuhan anak usia dini dan konsep pengasuhan yang baik. Pengabdian ini juga memberikan pemahaman pola asuh yang terbaik di lakukan oleh orang tua dalam mengasuh anaknya dengan membangun interaksi yang baik anak dan orang tua dalam kegiatan memelihara, mendidik, membimbing, sera membentuk kedisplinan dalam mencapai proses kedewasaan dan membangun kesiapan mental yang baik.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode studi kasus, demonstrasi, metode discovery, dan metode diskusi kelompok. Dengan metode yang diterapkan telah dapat menumbuhkan rasa semangat yang luar biasa pada peserta yang hadir , antusias dan komitmen dan sangat menikmati, sehingga setiap kegiatan dilakukan dapat berjalan dengan lancar,
Kegiatan pegabdian yang dilaksanakan telah memberikan gambaran pada orang tua , pemahaman yang positif tentang pola pengasuhan yang tepat pada anak, agar anak mampu mandiri, bertanggung jawab dan memiliki mental yang sehat. Dengan meningkatkan kualitas keluarga dan pengasuhan anak , orang tua telah mampu membawa anak memperoleh masa depan yang baik sesuai dengan cita- citanya.