Sosialisasi Layanan Klinik Kesehatan Universitas Malikussaleh

Staf klinik Kesehatan Universitas Malikussaleh (UNIMAL) bersama Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran UNIMAL, dr. Anna Millizia, M.Ked (An)., Sp.An, melakukan sosialisasi layanan kesehatan klinik kepada seluruh mahasiswa baru UNIMAL tahun 2023. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2023 di kampus Reuleut dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIMAL 2023.

Dalam penjelasannya, Kepala Klinik Kesehatan UNIMAL, dr. Hendra WMS, Sp.P, menyampaikan bahwa kampus UNIMAL memiliki layanan klinik kesehatan yang berlokasi didepan Jurusan Psikologi kampus Reuleut dan di Jl. Sulawesi kampus Bukit Indah. Pelayanan kesehatan dikedua lokasi tersebut dapat diakses baik oleh mahasiswa maupun seluruh sivitas akademika UNIMAL. Selain itu, layanan klinik kesehatan UNIMAL juga dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada di sekitar kampus.

Layanan kesehatan yang diberikan di klinik Kesehatan UNIMAL diantaranya ialah ruang tindakan, poliklinik dokter umum, poliklinik kesehatan gigi dan mulut, layanan kesehatan ibu dan anak serta layanan lainnya.

“Mahasiswa dan seluruh sivitas akademika UNIMAL dapat mengakses berbagai layanan kesehatan di klinik seperti ruang tindakan, poli umum, poli kesehatan gigi dan mulut, KIA dan layanan lainnya” jelas dr. Hendra. Klinik Kesehatan UNIMAL juga telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sehingga akan semakin memudahkan layanan bagi mahasiswa yang telah terdaftar sebagai peserta di BPJS kesehatan.

Mahasiswa UNIMAL yang telah terdaftar di BPJS kesehatan dihimbau untuk memindahkan lokasi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) nya ke Klinik Kesehatan UNIMAL sehingga akan memudahkan akses layanan kesehatan bila dibutuhkan. “Mahasiswa yang telah memiliki kartu BPJS kesehatan kami himbau untuk memindahkan lokasi FKTP nya Klinik Kesehatan UNIMAL demi memudahkan layanan kesehatan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Pemindahan lokasi faskes tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN” papar dr. Hendra. Tahapan pemindahan faskes melalui aplikasi Mobile JKN dijelaskan lebih rinci oleh Duta Mobile JKN UNIMAL, Herawati, Amk. Herawati merinci tahapan pemindahan faskes tingkat pertama melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di playstore, setelah diunduh mahasiswa melakukan registrasi terlebih dahulu dan memasukkan data diri sesuai permintaan pada aplikasi.

Menu pemindahan faskes dipilih setelah memasukkan data diri dan mahasiswa memilih “Klinik Kesehatan UNIMAL” sebagai FKTP nya. Mahasiswa tidak perlu melakukan pemindahan seluruh anggota keluarga, cukup memindahkan diri mereka. Proses pemindahan FKTP melalui aplikasi Mobile JKN ini akan aktif di aplikasi pada tanggal 1 bulan berikutnya.

Kegiatan sosialisasi layanan kesehatan Klinik Kesehatan UNIMAL ini diakhiri dengan simulasi pemindahan FKTP melalui aplikasi Mobile JKN oleh beberapa orang mahasiswa baru. Kepala Klinik Kesehatan UNIMAL berharap melalui sosialisasi layanan ini dapat memberi informasi yang lebih baik bagi mahasiswa.

“Klinik Kesehatan UNIMAL terus berupaya menghadirkan layanan kesehatan yang optimal bagi mahasiswa dan civitas akademika UNIMAL. Oleh karena itu, kami berharap melalui kegiatan sosialisasi ini mahasiswa mendapat informasi yang semakin baik tentang layanan klinik serta menjadi bagian dari peserta BPJS Kesehatan di Klinik Kesehatan UNIMAL” tutup dr. Hendra.

Bagikan ini :