Kunjungan Tim Yayasan Pendidikan Qur’an Kisaran Asahan ke FK UNIMAL Untuk Mendapatkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Pada hari Selasa, tanggal 29 Nopember 2022, Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh menyambut kedatangan Tim Yayasan Pendidikan Qur’an Kisaran Asahan. Adapun maksud dan tujuan kedatangan dari Tim tersebut ingin bersilaturrahmi dan berdiskusi tentang mekanisme penerimaan calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Dr. H. Edi Sucipno, MA (Ketua Yayasan Qur’an) menyampaikan bahwa ada 3 orang santri dari yayasan Qur’an sangat berminat untuk kuliah di Fakultas Kedokteran Unimal.  dr. Yuziani, M.Si (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK) menjelaskan bahwa untuk penerimaan mahasiswa baru, Unimal memiliki 5 jalur penerimaan yaitu : SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, Prestasi dan Afirmasi/ADIK.

  • Untuk jalur SNMPTN, calon mahasiswa langsung mendaftar melalui sekolah dengan kriteria penilaian berdasarkan nilai prestasi akademik (nilai rapor) dari kelas 1 sampai dengan kelas 3 SMA/MA.
  • Untuk jalur SBMPTN dan SMMPTN, calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi secara online yang dilaksanakan oleh panitia pusat. Unimal hanya sebagai tempat penyelenggara saja.
  • Jalur prestasi pelaksanaan seleksi dilakukan oleh Unimal yang dikoordinir langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.
  • Jalur Afirmasi/ADIK, untuk seleksi penerimaan langsung dari panitia pusat yang diperuntukkan untuk daerah-daerah tertinggal seperti Papua.

Kepala Bagian Umum FK menyampaikan bahwa penerimaan calon mahasiswa baru untuk jalur prestasi, khusus kedokteran, syarat utama yang ditetapkan oleh Rektor Unimal adalah Hafidz 30 Juz. Dekan Fakultas Kedokteran Unimal dr. Muhammad Sayuti, Sp.B, Subsp, BD (K) menyampaikan dalam pertemuan tersebut bahwa ketentuan jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru berdasarkan Akreditasi Sekolah.

Ketua yayasan juga menyampaikan bahwa salah satu kendala dari yayasan Qur’an saat ini untuk tingkat MA, belum memiliki akreditasi dikarenakan MA belum memiliki alumni. Akan tetapi beliau menyampaikan, terus berupaya dan berusaha agar secepatnya proses pengurusan akreditasi di tingkat MA. Diakhir pertemuan ini, pimpinan Yayasan Qur’an mengucapkan terima kasih atas sambutan dan penjelasan yang disampaikan oleh Dekan FK dan Wakil Dekan FK terkait Penerimaan Mahasiswa Baru pada Fakultas Kedokteran Unimal, serta penyerahan cendera mata dari pihak yayasan untuk FK dan sebaliknya.

Bagikan ini :