Prodi Psikologi FK UNIMAL menggelar Forum Sharing dan Diskusi dengan judul “Best Practices Pengelolaan Jurnal hingga Berindeks Sinta 1 dan Scopus”

Kamis 11 Agustus 2022 Prodi Psikologi FK UNIMAL menggelar Forum Sharing dan Diskusi dengan judul “Best Practices Pengelolaan Jurnal hingga Berindeks Sinta 1 dan Scopus”, secara Hybrid melalui Zoom meeting dan luring di ruang rapat Fakultas Kedokteran UNIMAL.

Sebanyak 175 orang mendaftar sebagai peserta, 155 orang hadir di zoom meeting dan 22 peserta lainnya hadir langsung di ruang meeting FK UNIMAL, yaitu perwakilan IAIN Lhokseumawe, STIKES Aceh Utara, UNIKI Cabang Lhokseumawe serta Bapak Ibu dosen Psikologi, Dekanat Fakultas Kedokteran UNIMAL, serta ketua OJS UNIMAL.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNIMAL dr. Sayuti, Sp.BD (K) BD yang mengatakan bahwa UNIMAL tidak hanya mewajibkan mahasiswa mempublikasikan hasil karyanya namun juga menyediakan wadahnya yaitu Jurnal Ilmiah.

Pemateri Dr. Baidi Bukhori, editor in chief Jurnal PSIKOHUMANIORA yang sudah terindeks Sinta 1 dan Scopus pada tahun 2022 ini membagikan pengalaman baik beliau dalam mengelola jurnal ilmiah sehingga dapat terindeks Sinta 1 dan Scopus. Sebagai satu satunya jurnal psikologi di Indonesia yang terindeks Scopus beliau mengharapkan banyak jurnal psikologi lainnya yang segera menyusul terindeks Sinta 1 dan Scopus.

Ketua LPPM Unimal Dr. Daud, ST, MT dan ketua OJS Unimal Nasrul ST, MT berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala yaitu kegiatan-kegiatan yang dapat memberi bekal kepada pengelola jurnal dan juga penulis jurnal ilmiah.

Ketua panitia yang merupakan editor in chief Jurnal Psikologi Terapan (JPT) Prodi Psikologi UNIMAL yaitu Dr. Hafnidar, S.Psi., M.Sc memandang penting forum silaturahmi seperti ini karena untuk menghasilkan karya besar dan diakui secara global seperti jurnal yg terindeks Sinta dan Scopus ini, kerjasama dan kolaborasi sangatlah penting. Dr Hafnidar yang juga sebagai moderator acara menginisiasi group WA jurnal Sinta dan Group WA jurnal menuju Sinta untuk terbinanya kerjasama dan kolaborasi antar jurnal ilmiah psikologi di Indonesia.

Bagikan ini :