CIMSA mendapatkan penghargaan sebagai best project dan best local SCOPH dari CIMSA Nasional

Center of Indonesian Medical Student Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (FK Unimal) mendapatkan penghargaan sebagai best project dan best local SCOPH dari CIMSA Nasional. Penghargaan itu karena dinilai mampu melaksanakan program berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Penghargaan diberikan saat penutupan kegiatan May Meeting CIMSA di Merapi Merbabu Hotel, Yokyakarta, Senin (22/5/2017). Kedua penghargaan tersebut diterima oleh Local Coordinator CIMSA FK Unimal dari National Public Health Officer (NPO). Project CIMSA FK Unimal yang mendapatkan penghargaan best project (proyek terbaik) adalah BAPER. Proyek itu bertujuan untuk menurunkan angka cacingan dan mengajarkan anak-anak di Gampong Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe agar mandiri dalam menjaga kebersihan diri agar tencegah dari infeksi cacing dan penyakit-penyakit lainnya.

CIMSA mendapatkan penghargaan sebagai best project dan best local SCOPH dari CIMSA Nasional

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pemberian pengetahuan kesehatan dan obat cacing kepada anak-anak daerah Pusong,” ujar pengurus CIMSA FK Unimal, Agustiawan.

Pemberian pengetahuan ini disampaikan oleh dokter nantinya pemateri ini akan membimbing langsung anak-anak untuk mempraktikkan bagaimana cara menjaga kebersihan dengar benar, beberapa contoh seperti bagaimana cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk comdev (community development) di mana tujuannya untuk mandirikan anak-anak di Gampong Pusong agar dapat menjaga kebersihan diri dengan baik. Kegiatan May Meeting dihadiri oleh perwakilan dari dekanat UKDW Yogyakarta, sebagai tuan rumah dan partnership CIMSA UKDW, serta semua perwakilan lokal CIMSA seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari CIMSA Nasional. CIMSA adalah organisasi mahasiswa kedokteran yang merupakan representasi mahasiswa kedokteran Indonesia di IFMSA (International Federation of Medical Students’s Associations) yaitu wadah perkumpulan organisasi mahasiswa kedokteran dunia. Kedepan diharapkan anak-anak di Gampong Pusong menjadi sadar dan paham akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan yang berguna bagi diri sendiri dan juga diharapkan adanya sponsor yang mau membantu kegiatan kami ini baik secara keuangan maupun ide-idenya. | goaceh