Sosialisasi Anti Perudungan dan Tindak Kekerasan pada anak di Sekolah di SMK Negeri 1 Nisam

Dosen Prodi Psikologi Unimal Fakultas kedokteran, Nursan Junita, B.HSc, MA telah melakukan sosialisasi Anti Perudungan dan Tindak Kekerasan pada anak di Sekolah di SMK Negeri 1 Nisam. Kegiatan ini juga dibantu oleh mahasiswa Psikologi Unimal dan di buka oleh bagian kesiswaan. Sekolah menyambut baik kegiatan ini, karena ini dapat membantu siswa menyadari hal hal yang terkait dengan tindak kekerasan. Nursan Junita yang merupakan ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan dari Sosialisasi ini untuk memberi pengetahuan dan peningkatan kesadaran diri (self awareness) sehingga membantu siswa untuk belajar bersikap assertive dari berbagai tindak kekerasan disekitarnya.

Sosialisasi ini berlanjut dengan terbentuknya komunitas perlindungan Kekerasan pada anak di SMK Negeri 1 Nisam yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 September 2021. Nursan mengatakan pembentukan komunitas ini tidak saja melibatkan siswa tapi jug guru. Bagaimana pun para guru juga sudah mendapatkan pelatihan terkait tindak kekerasan kata ibu Nora yang merupakan guru bimbingan Konseling, sehingga pembentukan komunitas ini akan semakin efektif. Sebenarnya kegiatan ini juga merupakan bagian dari kegiatan sebelumnya yg sudah pernah dilakukan tahun lalu terkait konseling dasar pada guru. Tapi pada tahapan kali ini kegiatan berfokus kepada pemberian pengetahuan kepada siswa terkait berbagai tindak kekerasan.

Dr. Hafnidar sebagai partner dalam kegiatan pengabdian ini berharap dgn pembentukan komunitas perlindungan pada anak angka kekerasan pada anak semakin menurun. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh.