Rektor UNIMAL Sosialisasi IKU-PTN kepada Dosen Fakultas Kedokteran

Setelah melakukan sosialisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) UNIMAL kepada para Ketua Jurusan dan Kaprodi di lingkungan Universitas Malikussaleh, Rektor melanjutkan sosialisasi kepada seluruh dosen pada setiap fakultas.

Kegiatan tersebut dimulai dari Fakultas Kedokteran (FK) pada Selasa (5/11/2020). Kegiatan itu dilaksanakan di ruang pertemuan fakultas di Kampus Uteunkot, Cunda, Lhokseumawe.

Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng menyampaikan, Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 yang bertujuan agar tercapainya kemajuan yang pesat sebagaimana rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah diamanatkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020, serta kebijakan Kampus Merdeka.

Kemudian, setiap PTN dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus berpedoman pada indikator kinerja utama dalam menetapkan target IKU, menyusun dokumen kontrak atau perjanjian kinerja, melaksanakan IKU, melakukan monitoring IKU, melakukan evaluasi IKU, melakukan perbaikan IKU berkelanjutan, dan melaporkan hasil pencapaian IKU.

Selanjutnya, Herman mengatakan, IKU-PTN baru telah dirancang berdasarkan prinsip-prinsip dengan meningkatkan relevansi perguruan tinggi dengan kebutuhan industri, dunia usaha, dan dunia kerja. Memberikan kebebasan kepada perguruan tinggi untuk memilih keunggulan yang ingin dikembangkan. Perguruan tinggi tidak dituntut untuk menjadi unggul dalam semua Indikator Kinerja Utama baru, tetapi dibebaskan untuk fokus kepada capaian kinerja pada indikator yang dipilih sendiri. Sistem poin baru menilai perguruan tinggi berdasarkan pencapaian keseluruhan, namun memberikan rekognisi kepada perguruan tinggi dengan keunggulan di indikator tertentu. Selanjutnya, memprioritaskan sasaran agar perguruan tinggi dapat fokus mengejar perubahan, itu yang terpenting.

“Kita mendorong agar setiap dosen yang ada di Fakultas Kedokteran bisa membantu Unimal dalam mencapai target kinerja dengan melaksanakan kegiatan baik itu penleitian, pengabdian, kerja sama dan lainnya dengan mengacu kepada IKU yang sudah ditetapkan, tutup Rektor yang didampingi Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama, Dr Azhari.