Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Lansia

Kelompok lanjut usia (lansia) adalah salah satu kelompok rentan yang memiliki morbiditas dan mortalitas tinggi dalam pandemi Covid-19. Lansia juga merupakan kelompok penduduk yang sangat membutuhkan akses terhadap layanan kesehatan karena sebagian besar memiliki penyakit kronik/degeneratif. Untuk itu pencegahan penularan melalui upaya promotif dan preventif terhadap Covid-19 bagi lansia menjadi prioritas, baik di tingkat masyarakat maupun di fasilitas kesehatan.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki penyakit penyerta sebelumnya (komorbid) menimbulkan kematian lebih besar dibandingkan mereka yang tanpa komorbid, Angka kesakitan lansia (AKL) juga terus meningkat, karena semakin bertambahnya usia, fungsi organ tubuh akan semakin menurun, sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan penyakit.Covid-19 juga banyak disebabkan akibat penurunan daya tahan tubuh, dimana pada lansia daya tahan tubuh terus menurun diikuti dengan usia yang terus bertambah. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya:

  1. Istirahat yang cukup,
  2. Berolah-raga,
  3. Tidak boleh stres,
  4. Komsumsi makanan dan minuman yang meningkatkan imun.

Peningkatan imun salahs atunya adalah dengan mengkomsusi tanaman obat. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) menjadi komoditas yang banyak dicari masyarakat pasca-merebaknya Covid-19. Tanaman-tanaman ini dipercaya berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sebagai penangkal Covid-19. Diantaranya kunyit, temulawak, serai dan jahe. Perpaduan sejumlah rempah-rempah ini yang diolah dan diminum secara rutin, akan menjadi minuman kesehatan bagi lansia.

Dalam rangka hal-hal tersebut diatas maka dosen FK Unimal pada Hari Rabu tanggal 25 November 2020 melakukan penyuluhan pemanfaatan tanaman obat keluarga (toga) untuk meningkatkan imunitas tubuh lansia menghadapi pandemi covid-19 di Panti Jompo An-Nur Kota Lhokseumawe.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diketuai oleh dr. Yuziani, M. Si, dengan anggota dr. Mulyati Sri Rahayu, M.Si serta mahasiswa FK Unimal. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh lansia di panti beserta para pengurus panti.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian FK Unimal terhadap kesehatan lansia agar mereka mampu melakukan pencegahan penyakit Covid-19.Bentuk kegiatan yang diberikan berupa penyuluhan tentang Covid-19 dan pemanfaatan TOGA.

Pengurus panti sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat untuk lansia, mereka menjadi lebih paham tentang Covid-19 dan pemanfaatan TOGA. Mereka sangat berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin oleh Unimal. Kegiatan diakhiri dengan peneyerahan tanaman obat untuk panti, pembagian masker serta bingkisan lainnya keseluruh lansia panti jompo.