Para Dokter dan Mahasiswa Kedokteran Universitas Malikussaleh Adakan Sunatan Massal

Koordinator kegiatan ini di pimpin oleh dr. Muhammad Sayuti Sp.B(K)BD ( dekan fakultas kedokteran Unimal) .

Sayuti mengatakan walaupun di era pandemi Covid 19, namun garis pengabdian kepada masyarakat tidaklah boleh berhenti. Masa pandemi adalah cobaan dan juga kekuatan bagi kita semua untuk lebih kuat dalam hal sosial di masyarakat.

Kegiatan yang melibatkan para dokter dan juga mahasiswa kedokteran unimal ini bertujuan untuk membantu kesehatan masyarakat di tengah pandemi, edukasi dengan tetap menjaga jarak, dan perbanyak berdoa. Kegiatan ini menargetkan anak-anak yang berdampak COVID-19 di wilayah kecamatan Muara Dua Kota Lhoksumawe.

​Kegiatan dilaksanakan dari pagi jam 09.00-14.00 wib di kampus kedokteran Unimal. Kegiatan mengikuti protokol COVID-19, dimana para orang tua yang masuk area kampus dilakukan pemeriksaan suhu dan wajib memakai masker, bagi yang tidak membawa masker akan diberikan masker oleh panitia.

Kegiatan sunnatan ini juga melatih skill mahasiswa dalam pelaksanaan bedah minor dan interaksi dengan masyarakat . ada 16 orang anak yang berhadir dari target awal 20 orang anak. Kegiatan sunnatan ini menggunakan teknik baru dibidang sunnatan yaitu Alis klamp, metode ini sangat minim pendarahan, tanpa jahitan dan memberikan rasa nyaman bagi anak yang di sunnat dengan tetap bisa mandi dan beraktifitas seperti biasa.

Kita berharap besar dari kegiatan bakti sosial sunnatan ini bagi masyarakat adalah walaupun dengan kondisi pandemi saat ini kondisi ekonomi yang tidak menentu dan akses kesehatan yang terbatas, harapannya masyarakat yang kurang mampu tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal ujar doto Sayuti sebagai ketua pelaksana .

Naufal Arif Yurizal dari salah satu Tim Medis Kedokteran unimal mengatakan
Ini adalah salah satu kewajiban kami dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian, dimana sebelum terjun langsung ke lapangan semua anggota tim sudah melakukan pelatihan khusus dan sudah di tempa dengan baik.

Kegiatan ini adalah bagian dari rutinatas pengabdian FK UNIMAL, sehingga walapun dalam kondisi pandemi covid kami tetap menjalankan kegiatan dengan selalu mempraktikkan kepada masyarakat untuk terus menjaga jarak dalam beraktifitas serta mengunakan masker. Hal hal sosial adalah garis penekanan tegas bagi kami yang berjanji akan terus berbuat untuk masyarakat kedepan nya.