Mahasiswa Psikologi Melakukan Psikoedukasi Coping Stress Pada Masyarakat Penderita Hipertensi

Aceh utara, para mahasiswa Psikologi melakukan Psikoedukasi dengan judul coping stress pada masyarakat penderita hipertensi pada hari Jumat, 19 april 2024 untuk memenuhi tugas matakuliah psikologi kesehatan yang diampu oleh ibu Nur Afni Safarina, S.Psi., M.Psi.

Kegiatan ini berlokasi di Desa Reuleut Timur yang diadakan di salah satu rumah warga yang sedang mengadakan acara wirid yasin yang rutin dilakukan seminggu sekali setiap hari jumat. Pemateri dalam kegiatan ini disampaikan oleh Ratih Monaliasa Saragih. Psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan informasi tentang coping stress yang cocok bagi masyarakat yang mengalami hipertensi.

Dalam kegiatan ini juga pemateri menjelaskan tentang definisi hipertensi, penyebab terjadinya hipertensi. Dan juga karena salah satu penyebab hipertensi adalah stress, maka pemateri juga memberikan informasi tentang coping stress yang sesuai bagi penderita yang mengalami hipertensi.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami tidak hanya ingin memberikan pemahaman tentang hipertensi dan manajemen stres, tetapi juga mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan mental dan fisik mereka secara holistik. Dengan memahami gejala-gejala stress dan cara mengelolanya, diharapkan masyarakat Desa Reuleut Timur dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan mengurangi risiko terkena berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh stress yang berlebihan.

“ kami mengucapkan terima kasih kepada anak-anak dari Universitas Malikussaleh yang telah mengadakan kegiatan spsikoedukasi pada hari ini” ucap salah seorang anggota wirid yang bernama ani .

“kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Reulet Timur, khususnya ibu-ibu yang mengikuti kegiatan wirid yasin dan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan yang telah kami selenggarakan pada hari itu. Semoga informasi yang kami berikan akan di aplikasi kan di kehidupan sehari-hari” ucap Ratih sebagai perwakilan dari kami semua.

Kemudian kami mengakhiri kegiatan penyuluhan yang telah kami lakukan pada hari Jumat itu, karena kami telah selesai memberikan informasi tentang penyuluhan yang kami lakukan dan juga mengucapkan terimakasih kepada ibu-ibu yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang kami lakukan.

Bagikan ini :