Kegiatan Simulasi Bencana Bersama Mahasiswa Internasional “Be Alert! Ready to Act”

FK Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan simulasi kebencanaan yang bertemakan Health Guardian Summit : “Be Alert! Ready to Act.” Kegiatan ini turut melibatkan mahasiswa FK Unimal yang menjadi Tim Bantuan Medis (TBM) ISET di gedung Fakultas Kedokteran Unimal, tepatnya di ruang GOR ACC Uteunkot Cunda, Lhokseumawe-Aceh. Sesuai dengan slogannya yang dikenal dengan “Be Alert! Ready to Act” ini memberikan gambaran seluruh makna dari kegiatan ini, yaitu simulasi yang memiliki tujuan untuk memberikan simulasi kebencanaan kepada peserta “International Delegates for Spring Cultural Camp 2024 Emergency Training in Disaster Area” agar memiliki kemampuan dalam memberikan penanganan/pertolongan pertama yang tepat pada korban pasca bencana yang

terjadi di daerah tertentu. Kegiatan ini pun berlangsung selama satu hari, yakni pada hari Senin, tanggal 13 Mei 2024.
Simulasi ini diawali dengan peragaan kasus-kasus kebencanaan yang sering terjadi, khususnya bencana gempa bumi, dan diperagakan oleh para Mahasiswa/I Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh berdasarkan panduan dan arahan dari pemateri yang ahli dibidangnya. Materi yang diangkat di dalam kegiatan ini menyangkut tentang penanganan evakuasi bencana gempa bumi, patah tulang terbuka, diikuti resusitasi jantung paru serta kasus panic attack sebagai gangguan psikologis yang dapat ditimbulkan dari terjadinya bencana tersebut.

Adapun pemateri yang dihadirkan, yaitu dr. M.Bayu Rizaldy, M.Ked (Surg), Sp.OT, dr. Anna Millizia, M. Ked (An), Sp.An, Nursan Juwita BHSc,MA, dan dr. Adirizka, Sp.B (K)., Onk. Mahasiswa dari Brunei Darussalam, Chien Huey Liem mengemukakan bahwa ini adalah hal dan ilmu yang baru didapat dan dirasakan sangat berguna jika terjadi bencana. Begitupun mahasiswa lain yang berasal dari perancis (Axel dan Luca) terlihat antusias dalam mempraktekkan bantuan hidup dasar dan kompresi jantung ke manikin yang sudah disiapkan oleh panita. Acara selanjutnya mahasiswa FK Unimal dan Internasional saling berdiskusi dan sharing ilmu serta pengalaman mereka dalam menangani bencana.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, dr. Muhammad Sayuti, Sp. B (K) BD, memberikan kata sambutan hangat terhadap kedatangan dari peserta “International Delegates for Spring Cultural Camp 2024 Emergency Training in Disaster Area” ke Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe ini. Dengan adanya simulasi kebencanaan ini para peserta serta panitia yang berhadir diharapkan dapat memahami dan melakukan penanganan yang tepat terhadap korban-korban kasus kebencanaan ini (13/05/2024).

 

Bagikan ini :