Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Malikussaleh Salurkan Bansos Ke Panti Asuhan Rauzatul Jannah Seuneudon-Aceh Utara

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Psikologi Departemen Pengabdian Masyarakat dan Club Relawan Psikologi Universitas Malikussaleh, menyalurkan berbagai bantuan sosial (Bansos) di panti asuhan Rauzatul Jannah Seuneudon-Aceh Utara, Minggu (19/12/2021).

Bantuan Sosial (Bansos) merupakan bantuan berupa uang, barang, atau jasa kepada individu keluarga, kelompok atau masyarakat tidak mampu atau rentan terhadap risiko sosial. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh departemen  pengabdian masyarakat himpunan mahasiswa psikologi, sebagai upaya untuk dapat terus meringankan beban dan menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya kepedulian sosial.

Anggota Club Relawan Psikologi Survei Langsung ke lapangan untuk mencari panti yang memang membutuhkan bantuan, namun pada saat dilapangan Club Relawan Psikologi kesusahan dalam mencari panti asuhan yang mereka inginkan. Tanpa berpikir panjang dan membuang-buang waktu, mereka berinisiatif mengunjungi Dinas Sosial untuk meminta data seluruh Panti Asuhan yang ada  di Aceh Utara.

Pihak Dinas Sosial merekomendasikan beberapa Panti Asuhan, Namun menurut beberapa pertimbangan dari kami ada satu Panti asuhan yang memenuhi kriteria yang sudah di tentukan Dan Panti itu berlokasi di Seunudon – Aceh Utara. Saat itu juga Club Relawan Psikologi turun langsung ke lapangan untuk melihat lokasi Panti Asuhan di dampingi oleh Anggota Dari Departemen Pengabdian Masyarakat HIMAPSI.

Klub Relawan Psikologi membuka Open Donasi Dalam bentuk Flayer dan di serbarkan melalui media sosial, serta melakukan sosialisasi ke setiap Fakultas yang ada di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Kami menerima bantuan dalam bentuk Buku Bacaan Layak pakai, Baju Layak pakai, Sembako Dan Uang . Kami membuka Open Donasi selama 1 Minggu, Dan Alhamdulillah Dana Donasi Terkumpul berjumlah Rp. 2.231.000.00 , Tidak hanya dalam bentuk uang, ada juga yang memberikan dalam bentuk Baju Layak pakai. Dana Donasi dalam bentuk uang kami alihkan untuk membeli Sembako, Perlatan Rumah Tangga .

Kegiatan penyaluran Bansos ini, merupakan salah-satu program kerja dari departemen pengabdian masyarakat himpunan mahasiswa psikologi unimal yang kembali menghadirkan sedikit bantuan bagi adik-adik yang berada di panti asuhan Rauzatul Jannah seuneudon-Aceh Utara.

Kegiatan tersebut tidak hanya melakukan bansos, tetapi diisi dengan saling berbagi ilmu pengetahuan dari para mahasiswa kepada adik-adik panti asuhan, serta bermain berbagai game untuk membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Ketua himpunan mahasiswa psikologi,  Qoid noval mengatakan “Kegiatan Bansos ini sangat diapresiasikan untuk program kerja departemen pengabdian masyarakat, karena dengan adanya bansos ini dapat dijadikan sebagai bentuk kepedulian terhadap psikologi kemanusiaan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa empati kita terhadap sesame serta dapat meningkatkan jalinan silahturrahmi antara mahasiswa himpunan psikologi dengan panti asuhan Rauzatul Jannah, “ujarnya.

“Kami sangat senang, pihak pengelola dan anak-anak panti menerima kedatangan kami dengan sangat antusias serta mengikuti serangkaian kegiatan yang di persiapkan oleh panitia.”kata salah-satu anggota Club Relawan Psikologi.

Sementara itu umi khatijah  Selaku kepala yayasan panti asuhan Rauzatul Jannah , mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh himpunan mahasiswa psikologi universitas malikussaleh yang telah melaksanakan kegiatan bantuan sosial. Beliau mengatakan “berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di panti asuhan ini sangat bermanfaat, “. Ujarnya.