FOUNDER MER-C MEMBERIKAN KULIAH TAMU DI FK UNIMAL DALAM RANGKA HARI BENCANA NASIONAL 2022

Indonesia secara geografik sangat rentan terhadap kejadian bencana. Indonesia terletak di atas 4 lempeng bumi yang terus bergerak dan berpotensi terjadi bencana gempa dan tsunami. Di sisi lain Indonesia sering mengalami bencana akibat erupsi gunung berapi karena merupakan bagian dari kawasan Ring of fire yang memiliki banyak gunung berapi aktif disamping bencana-bancana lainnya seperti banjir, longsor, dan lainnya. Provinsi Aceh secara khusus pernah mengalami Tsunami yang menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia dan dalam penanganannya melibatkan negara-negara asing dan badan-badan kemanuasiaan Internasional akibat besarnya dampak bencana yang ditimbulkan.

Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh sebagai salah satu penghasil tenaga dokter untuk menangani berbagai permasalahan di masyarakat termasuk permasalahan medis akibat bencana, memiliki tanggung jawab moral untuk menghasilkan lulusan dokter yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpumi dalam penatalaksanaan kebencanaan baik dari segi medis dan managemen kebencanaan. FK Unimal merealisasikan tanggung jawab tersebut dalam bentuk inklusi pendidikan kebencanaan dalam kurikulum pendidikan secara khusus dan juga praktek langsung di lokasi bencana dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam rangka memperingati hari Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2022, FK Unimal secara khusus mengadakan kuliah tamu dengan tema Kedokteran Kebencanaan dengan pembicara dr. Yogi Prabowo, SpOT (K), Sp EM melalui media Zoom.

dr. Yogi Prabowo, SpOT (K), Sp EM merupakan tokoh nasional yang banyak berkecimpung dalam kedokteran kebencanaan baik skala nasional bahkan internasional dan juga merupakan salah satu founder dari MER-C (medical emergency rescue committee) dan tergabung dalam tim penanggulangan bencana RSCM (Rumah sakit Cipto mangunkusumo). Kuliah tamu berlangsung selama tiga jam dengan materi yang diberikan mulai dari pengertian bencana, klasifikasi bencana, beragam jenis/permasalahan medis yang dapat ditemui pada kondisi bencana, penatalaksanaannya dan managemennya. Diharapkan dengan kegiatan kuliah tamu ini dapat meningkatkan peserta kuliah tamu dalam memahami bencana dan managemennya. Kegiatan ini tidak hanya diikuiti oleh Dosen, dan mahasiswa di tingkat profesi serta akademik, namun juga diikuti oleh Alumni sebagai tanggung jawab FK Unimal untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lulusan FK Unimal.