FK UNIMAL dan BSO TBM ISET Melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial Sunat Masal di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara

Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh yang dibantu oleh Badan Semi Otonom (BSO) Tim Bantuan Medis (TBM) Ibnu Sina Emergency Team (ISET) Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Sunat Masal di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, Sabtu (26/3/2022).

Ketua TBM ISET FK Unimal, T. Yocana Luthfi Firdaus, mewakili mahasiswa FK Unimal yang terlibat dalam kegiatan ini, mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan sunat masal di Kecamatan Langkahan ini.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Aceh Utara, dr. Harry Laksamana juga turut menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Langkahan. “Kami mengucapkan  terimakasih kepada adik-adik dari TBM ISET FK Unimal yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini, dan juga teristimewa kepada masyarakat Kecamatan Langkahan yang dengan tangan terbuka menerima kami disini”, tuturnya.

Acara Ceremonial dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Langkahan. “Terimakasih kepada semua orangtua yang sangat antusias mengantarkan anak-anaknya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sunat masal ini” ujar Bu Merida, Am.Keb, Kepala Puskesmas Langkahan dalam pembukaannya, mewakili Muspika Kecamatan Langkahan. Diakhir Ceremonial, dilakasanakan pula Peusijuek atau tepung tawar yang merupakan adat istiadat masyarakat Aceh, oleh Tgk. Bukhari (Ustadz setempat) kepada anak-anak yang akan dikhitan.

Kegiatan Bakti Sosial Sunat Masal ini dibagi dalam dua tim, yaitu di Puskesmas Kecamatan Langkahan yang dikoordinir oleh TBM ISET FK Unimal, dan juga di Desa Leubok Pusaka yang dikoordinir oleh pihak PT. PIM. Dalam masing-masing tim, terdiri dari dokter spesialis bedah dan juga spesialis urologi yang menjadi dokter penanggung jawab di masing-masing tempat, yang juga merupakan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh dan anggota IDI Cabang Aceh Utara.

Kegiatan dilaksanakan dari pagi hari hingga sore hari, yang diikuti oleh 33 anak di Puskesmas Langkahan, dan 10 anak di Desa Leubok Pusaka.

Setelah disunat, anak-anak ini akan dibagikan obat-obatan dan beberapa bingkisan seperti sarung, tas, Al-Qur’an, dan uang santunan yang juga didukung oleh beberapa pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini.