Dosen Kedokteran Unimal Berikan Edukasi Cuci Tangan pada Anak SD

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh bersama mahasiswa memberikan edukasi cuci tangan yang baik dan benar sesuai 6 langkah menurut WHO di SDIT Diana As-Saffa Islamic Kota Lhokseumawe. Kegiatan ini sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah. “Edukasi ini diharapkan dapat mencegah penularan virus COVID-19 di sekolah” ungkap dr Nora Maulina, M.Biomed selaku ketua kegiatan, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan anggota Harvina Sawitri,SKM,MKM dan beberapa dokter muda FK Unimal. Dr. Nora menjelaskan tentang pencegahan penularan Covid-19 dan protokol kesehatan kepada siswa SD Diana As-Saffa Islamic Kota Lhokseumawe menggunakan media senam fisik dan nyanyian yang diikuti oleh siswa. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (24/11/2020) juga diikuti oleh kepala sekolah dan guru.

Siswa SD tidak hanya dibekali dengan pengetahuan tentang penularan Covid-19 dan protokol kesehatan, tetapi juga mereka langsung praktek seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesuai rekomendasi WHO.

“Edukasi yang disampaikan dilakukan dengan sederhana dan menyenangkan sehingga siswa SD dapat mengadopsi perilaku cuci tangan yang baik menurut WHO dan mempraktekkannya di lingkungan sekolah” tambah dr Nora.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan satu set perangkat wastafel cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk sekolah serta bingkisan lainnya ke seluruh murid SD.