Dosen Fakultas Kedokteran Unimal Lakukan Penyuluhan Bencana di Sekolah

Sabtu, 20 November 2021, tim pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan penyuluhan di SD 9 Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah peningkatan pengetahuan siswa tentang bencana tsunami.

Ketua tim pengabdian, Ibu Wheny Utaringsih, S.Pd., M.Si (Han), mengatakan penyuluhan tentang Bencana Tsunami penting dilakukan kepada siswa sekolah karena mereka termasuk kelompok rentan. Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan pengetahuan siswa tentang Bencana Tsunami semakin meningkat. Pengetahuan yang baik tentang bencana merupakan bagian dari kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Pada kegiatan tersebut sebanyak 84 siswa SD 09 Banda sakti kota Lhokseumawe menjadi peserta, yang terdiri dari siswa kelas 4, 5, dan 6.

Kegiatan penyuluhan dilakukan di halaman sekolah. Dalam kegiatan tersebut siswa dibekali pengetahuan tentang tsunami, penyebab terjadi tsunami, tanda-tanda terjadi tsunami dan juga cara menyelematakan ditu saat terjadi tsunami.

Terlihat peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, karena pemateri menggunakan berbagai metode penyampaian termasuk menggunakan nyanyian.

Kepala sekolah SD 09 Banda Sakti, Nurlela Bintang mengatakan bahwa acara tersebut sangat bermanfaat untuk siswa. Teruma karena sekolah tersebut berada di dekat pesisir pantai dan sebagaimana uraian pemateri bahwa Aceh termasuk daerah berisiko terhadap bencana tsunami.

Kepala sekolah tersebut mengharapkan kerjasama dengan Universitas Malikussaleh dalam berbagai kegiatan dapat terus berlanjut. “SD 09 Banda Sakti menunggu kegiatan-kegiatan lainnya dari Universitas Malikussaleh”, tuturnya.

Kegiatan pengabdian tersebut merupakan kegiatan tahunan yang didanai oleh Universitas Malikussaleh melalui Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) tahun anggaran 2021. (WU)