Profil Prodi Psikologi

Sejarah Program Studi Psikologi Unimal

Gagasan membuka Program Studi Psikologi di Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe sudah digulirkan sejak tahun 2003. Untuk tujuan itu, pimpinan Unimal telah mengakomodir ‘Fakultas Psikologi’ dalam statuta universitas. Namun kendala sumber daya manusia (SDM), gagasan tersebut tertunda untuk direalisasikan.Pada tahun 2006, pihak universitas mulai merekrut tenaga SDM pengajar dalam bidang psikologi, dan setelah berjalan dua tahun. Pada tahun 2008 penguatan agar berdirinya psikologi kembali didiskusikan di Fakultas ISIP bersama tim dosen psikologi untuk mempersiapkan segala kebutuhan prodi baru tersebut. Namum vakum lagi, dan sedikit demi sedikit mental lagi isyu psikologi harus berdiri di Unimal.

Pada tahun 2013, diskusi lanjutan kembali mengemuka, yang dimotivasi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal, hingga dicari solusinya. Kemudian awal 2014, Rektor Unimal, Prof. Dr. Apridar, M.Si mengusulkan pendirian psikologi di bawah Fakultas Kedoteran ke Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud. Sejalan dengan kemauan waktu, maka pada tahun 2014 izin pendirian Prodi Psikologi di Unimal baru dikeluarkan oleh Dikti dengan SK bernomor 440/E2/DT/2014.Sejak keluarnya izin operasional program studi psikologi dari Dikti, persiapan demi persiapan matang untuk aplikasi proses perkuliahan perdana tahun 2015 mulai intensif dilakukan di Fakultas Kedokteran.

Di bawah arahan dan dukungan Dekan Fakultas Kedokteran, dr.Ibrahim Puteh, SP.KJ. Tim dosen psikologi yang beranggotakan 5 orang; Safuwan, M.Psi, Hafnidar, S.Psi., MSc, Nurafni, S.Psi., M.Psi, Ella Suzanna, S.Psi, MHSc, dan Nursan Junita, BHSc., MA, mulai bekerja ekstra untuk menyusun pelbagai perangkat pendidikan program studi psikologi, seperti pedoman kurikulum, SAP/RPM, program kerja, buku panduan akademik, struktur organisasi, kebutuhan laboratorium hingga pengajuan RAB sarana dan parasana yang dibutuhkan program sutdi psikologi secara umum.

Tim Dosen Prodi Psikologi FK bersama Rektor, Pem. Rektor I, Dekan FK, Ka.BAUK dan ka.Mutu Unimal.

Alhamdulillah, setelah 5 bulan bekerja ekstra dari Februari hingga Juni 2015. Segala persiapan dan kesiapan perangkat akademik dan administrasi program studi psikologi dapat dirampungkan dengan baik, meskipun minim sarana kerja yang dibutuhkan tim work. Hal ini karena ada komitmen dan motivasi yang tinggi dari tim dosen psikologi dengan niat ikhlas dan tulus agar program studi psikologi terealisasi dan eksis di kehidupan Universitas Malikussaleh.