Mahasiswa Universitas Malikussaleh terpilih sebagai Peserta Terbaik Forum Negarawan Muda

Bangsa  yang kuat dan tangguh ditopang oleh kreativitas pemuda. Jika pemuda lemah, maka sebuah bangsa niscaya akan mudah ditaklukkan. Maka membangun pemuda yang tangguh menjadi keharusan. Generasi muda harus memiliki sikap mental yang positif dan selalu mendorong untuk mencapai tujuan dengan gigih. Untuk membudayakan bangsa dan membentuk karakter, bisa melalui kegiatan organisasi, komunitas, perkumpulan, dan aktivitas lainnya.

Inilah yang digiatkan oleh Forum Negarawan Muda, dalam kegiatan School for Nation Leader. Forum ini merupakan forum berskala nasional, menjadi wadah berkumpul, para Pemimpin Muda untuk mengembangkan kapasitas diri dan komunitas sebagai pemimpin muda dengan jati diri keIndonesiaan. Gerakan ini merupakan proses belajar merawat Indonesia melalui berbagai aktivitas kontributif di masyarakat.

Pada hari Rabu, 25 Mei 2016 Forum Negarawan Muda regional Sumatera mengumumkan hasil 50 peserta terbaik yang lulus seleksi.  Ada dua mahasiswa UNIMAL yang berhasil menjadi perwakilan Universitas mengikuti Pelatihan yaitu Laila Syifa Rahmi dari Fakultas Kedokteran Unimal dan Nurhayati dari Fisip Unimal. Adapun beberapa perwakilan universitas wilayah sumatera dalam forum ini, antara lain Universitas Riau, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Medan, Universitas Lampung, Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, UIN SUSKA RIAU, Universitas Negeri Padang, Universitas Muhammadiyah Riau dan Universitas lainnya.

Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan pada hari Senin – Kamis, 30 Mei – 2 Juni 2016 bertempat di Padang, Sumatera Barat, meliputi seminar, capacity building, focus grup discussion, outbond, games. Seleksi yang telah dilalui adalah mendaftar mengisi formulir, motivasi, membuat essai, pengalaman organisasi,  surat rekomendasi peserta, serta persyaratan seperti fotocopy KTP/KTM dan lainnya.

Diharapkan delegasi mampu terlibat aktif dalam Forum Negarawan Muda, sehingga nantinya mampu membagikan ilmu yang telah didapat kepada teman-teman dan mengaplikasikannya dilingkungan serta menjadikan FNM sebagai salah wadah aktivis pergerakan untuk bersama-sama belajar merawat Indonesia.